Bagiku Linux begitu mempesona, indah dan menawan, tapi Linux tetap murah, mudah, flexibel dan terbuka. Linux sangat cocok bagi semua kalangan, terutama generasi muda yang kreatif. Tak ada yang lebih bagus dari Linux, yang lebih mahal banyak...

Sabtu, 15 Januari 2011

Rilis LinuxMint 10 Codename : “Julia”

Posted by putralinuz 14.54, under , | No comments


LinuxMint adalah salah satu desktop Linux favorit saya. Tampilannya yang indah ditambah dengan kemampuan deteksi hardware dan susunan menu yang ditata rapi menjadi nilai tambah LinuxMint untuk dijadikan sebagai salah satu desktop Linux pilihan.
Tanggal 12 November 2010 yang baru lalu, LinuxMint merilis versi terbaru, yaitu versi 10 dengan code name Julia yang diambil dari basis Ubuntu 10.10 “Maverick Meerkat”. Codename “Julia” untuk LinuxMint 10 ini merupakan ciri khas LinuxMint dimana setiap rilisnya selalu diberi nama-nama cantik (favorit saya sebelumnya adalah Linux Mint 8 “Helena”).
Rilis LinuxMint kali ini memuat beberapa perbaikan sebagai berikut :

Detail lengkap mengenai feature terbaru LinuxMint 10 Julia dapat dilihat pada link berikut : “What’s new in Linux Mint 10“.

Pagi ini saya melakukan instalasi LinuxMint 10 “Julia” dengan desktop Gnome 64 bit. Besar file ISO sekitar 830 MB. Proses instalasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit pada Motherboard Gigabyte G-41MT (Processor Core2Duo) dengan Memory DDR 3 sebesar 2 GB. Proses instalasi berjalan smooth dan hardware terdeteksi dengan baik. Wireless LAN bahkan terdeteksi saat dalam modus LiveCD sehingga saya bisa melakukan instalasi sistem sambil browsing dan mengirim email.
Bagi rekan-rekan yang hendak melakukan download file ISO, saat ini saya check server-server mirror di Indonesia baik di Server Kambing-UI maupun ID Repo belum memuat LinuxMint versi 10. Silakan gunakan link mirror dari JAIST-Jepang (http://ftp.jaist.ac.jp/pub/Linux/LinuxMint-ISO/stable/10/) sampai mirror Indonesia sudah menyediakannya.
Salah satu yang menyenangkan dari LinuxMint adalah kesiapannya sebagai distro Linux Desktop, sehingga susunan menu, deteksi hardware dan mekanisme penggunaan otomatis sudah diset sedemikian rupa sehingga memudahkan para pengguna, bahkan oleh pengguna awam yang baru sekali-kalinya menggunakan Linux.
Mau mencoba LinuxMint 10 “Julia” ?
Update :
01, 18 November 2010
  1. Semua link di http://www.linuxmint.com sudah kembali up seperti sedia kala
  2. Link download ISO LinuxMint 10 “Julia” Mirror Indonesia : http://kambing.ui.ac.id/iso/linuxmint/stable/10/ 
  3. http://vavai.com/2010/11/15/rilis-linuxmint-10-codename-julia/

0 komentar:

Posting Komentar

It's here

It's here
Yang tidak sabar mencicipi Ubuntu 13.10

Blogroll