Bagiku Linux begitu mempesona, indah dan menawan, tapi Linux tetap murah, mudah, flexibel dan terbuka. Linux sangat cocok bagi semua kalangan, terutama generasi muda yang kreatif. Tak ada yang lebih bagus dari Linux, yang lebih mahal banyak...

Minggu, 18 Desember 2011

Rahasia Sukses Remaster Ubuntu dengan Remastersys (PART 1)

Posted by putralinuz 12.49, under | No comments

Sahabat, saya sering membaca status-status di forum linux terutama yang mengenai remastering. Ternyata banyak banget sahabat pengguna linux yang hobi remastering. Mengapa banyak sahabat yang hobi remaster ubuntu? Karena ternyata dengan remaster itu akan memudahkan kita untuk pekerjaan instalasi berikutnya di komputer lain. Dengan remater ibaratnya kita bisa membuat kloningan Linux. Bayangkan misal kita mau menginstal linux di 50 PC yang sama dengan aplikasi tertentu yang lengkap dan setingan yang sama. Apa kita harus instal dan modifikasi satu persatu di setiap PC? Ya dengan remaster inilah pekerjaan kita akan menjadi mudah. Misalnya lagi kita memiliki Notebook kesayangan yang berisi Linux yang sudah kita modifikasi selama berbulan-bulan dan akhirnya menghasilkan desktop yang indah serta aplikasinya lengkap dan powerfull, suatu saat laptop tersebut programnya rusak dan tidak bisa diperbaiki, pasti kita akan kecewa berat. Berbeda kalau kita sudah melakukan remaster dan sudah kita buat file .iso nya. Mau program rusak seminggu sekali tidak masalah karena kita sudah punya kloningannya.


Dalam remastering ini banyak sahabat yang mengalami kendala dan jarang yang sukses dan berhasil . Ternyata walaupun banyak ditemukan panduan-panduan remaster ubuntu namun kebanyakan panduan tersebut hanya standart, kurang mendetail dan belum melalui banyak uji coba sehingga bagi sahabat yang mempraktekkan sering kali mengalami kegagalan.

Melalui artikal berikut, saya akan mengungkapkan Rahasia Sukses Remaster Ubuntu dengan Remastersys. Salah satu diantara yang sering dialami sahabat adalah bahwa TIDAK DITEMUKAN FOLDER DOCUMENTS, PICTURE, DOWNLOADS dan lainnya di folder home pada hasil remastering tadi. 

This is the secret ....

Copykan folder Desktop, Documents, Pictures, Videos dll ke dalam /etc/skel seperti gambar di bawah ini. Dan rahasia ini tidak ditemukan dalam ebook yang terkenal yaitu “Membuat Distro Linux Sendiri karya Wahyu Agung”. Ya ternyata hanya ini rahasianya. Mudah kan??


To be continue -----> PART 2

0 komentar:

Posting Komentar

It's here

It's here
Yang tidak sabar mencicipi Ubuntu 13.10

Blogroll