Bagiku Linux begitu mempesona, indah dan menawan, tapi Linux tetap murah, mudah, flexibel dan terbuka. Linux sangat cocok bagi semua kalangan, terutama generasi muda yang kreatif. Tak ada yang lebih bagus dari Linux, yang lebih mahal banyak...

Minggu, 18 September 2011

Solusi untuk Berbagai Masalah yang Muncul Ketika Meremastering

Posted by putralinuz 14.46, under | No comments


Remaster adalah suatu proses untuk membuat CD/DVD dari sistem yang terinstal di komputer kita agar dapat didistribusikan dan diinstal di komputer lain.Remaster merupakan sebuah proses yang gampang-gampang susah, gampang karena sudah ada aplikasi semacam Remastersys yang dapat melakukan remaster secara otomatis, susah karena selalu ada saja kekurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika meremastering. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai solusi untuk masalah yang sering dialami ketika melakukan remastering. Silakan menyimak!

Ilustrasi proses remastering

Hasil modifikasi tidak muncul pada hasil remaster
Jika hasil modifikasi tidak muncul misal setingan desktop, ikon, kursor, wallpaper dan lain-lain tidak "ikut" dalam CD/DVD hasil remaster solusinya adalah dengan mengkopi folder konfigurasi seperti ".config, .gconf, .gconfd, .gnome, .gnome2" dan lain-lain ke folder "/etc/skel". Folder yang dikopi tergantung dari modifikasi apa yang kalian lakukan, misal jika kalian melakukan modifikasi pada Firefox maka folder ".mozilla" juga harus dikopi ke folder "/etc/skel".

CD/DVD hasil remastering tidak dapat diinstal a.k.a hanya bisa LiveCD
Solusi untuk masalah ini adalah dengan menginstal paket "ubiquity", ketik perintah berikut untuk menginstal:

view plainprint?
  1. sudo apt-get install ubiquity ubiquity-casper  
LiveCD meminta username dan password ketika login
Solusi untuk masalah ini adalah dengan menjalankan kedua perintah berikut:
view plainprint?
  1. sudo pwck  
  2. sudo grpck  
Software properties tidak bisa dijalankan
Masalah ini timbul karena terdapat kesalahan ketika mengedit file "/etc/lsb-release". Disarankan jangan mengubah nilai dari "DISTRIB_CODENAME" untuk menghindari masalah ini.

Aplikasi remastersys, gparted, ubiquity masih ada instalasi berakhir
Idealnya aplikasi-aplikasi di atas sudah tidak ada ketika sistem operasi sudah terinstal di komputer. Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut hanya dibutuhkan ketika proses instalasi dan tugas mereka berakhir ketika sistem operasi sudah terinstal di komputer. Nah, untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut ketika proses instalasi berhasil, tambah perintah berikut ke baris paling akhir dari file "/usr/sbin/grub-install".
view plainprint?
  1. sudo apt-get purge ubiquity ubiquity-slideshow gparted remastersys -y  
  2. wait  
  3. sudo apt-get autoremove --purge -y  
  4. wait  
  5. sudo rm -rf /etc/remastersys  
  6. wait  
  7. sudo rm /etc/remastersys.conf  
Demikian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

It's here

It's here
Yang tidak sabar mencicipi Ubuntu 13.10

Blogroll